Vol 15, No 2 (2015)

Etnografi

Mandat PTN – BH

Mandat adalah perintah atau arahan yang diberikan oleh pemerintah (dalam hal ini menteri riset, teknologi, dan pendidikan tinggi) kepada civitas akademika Universitas Sebelas Maret untuk mempersiapkan diri dalam menyongsong perubahan status menjadi PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri - Berbadan Hukum). Tentu saja, hal ini merupakan sebuah “kesempatan” dan sekaligus juga “tantangan” bagi seluruh civitas akademika di lingkungan Universitas Sebelas Maret - Surakarta untuk berbenah diri dan meningkatkan performanya agar mandat tersebut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Di sisi lain, sebenarnya hal ini juga dapat diartikan sebagai “kaca benggala” untuk dapat menelisik lebih dalam lagi tentang kesiapan dan kesungguhan seluruh tim dalam menyongsong Era PTN - BH. Ya, terlebih lagi momentum ini terjadi pada saat Universitas Sebelas Maret menjelang memasuki usia ke-40. Sungguh, hal ini bukanlah sebuah faktor kebetulan semata. Hal ini adalah buah dari kerja keras sekian lama para pendahulu lembaga. Oleh karena itu, jangan sampai kesempatan emas yang ada di depan mata kemudian menjadi hilang - sirna begitu saja.

Kesungguhan untuk memperbaiki diri di setiap lini merupakan sebuah keharusan yang
tidak bisa tidak harus dilakukan. Karena tuntutan performa yang prima merupakan bagian yang melekat dari sebuah lembaga pendidikan tinggi yang menyandang status PTN - BH. Oleh karena itu, kini sudah bukan saatnya untuk melakukan pencitraan. Kini saatnya, semua civitas akademika UNS memberikan bukti nyata sebagai jawaban atas mandat yang telah diberikan oleh pemerintah. Selamat bekerja – bersinergi – berbagi manfaat bagi kehidupan yang lebih baik.

Table of Contents

Articles

Asep Yuda Wirajaya
Wahyu Puji Hanggoro
IF. Bambang Sulistyono Sk
Rianna Wati
Bagus Kurniawan
Djoko Panuwun, dkk